Ide kreatif di awal bisnis saja tidak cukup
untuk membuat sebuah bisnis berkembang dan bertahan lama, apalagi di tengah
situasi pandemi. Diperlukan
strategi dan terobosan bisnis yang efektif, agar bisnis yang kita jalankan
dapat berkembang dengan baik. Kini,
bisnis bisa bertahan jika mereka dapat menggaet konsumen dengan cara yang
menarik sambil terus meningkatkan kualitas produk dan layanan.
Apapun jenis
bisnis yang dijalankan dan seberapa besar bisnis telah berkembang, strategi
berbasis digital sangat diperlukan agar performa dan keuntungan dapat meningkat
dengan baik. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan?
Pembaruan
dan
Inovasi Produk dan Layanan
Namun, upaya inovasi bisnis harus dilakukan dengan
hati-hati. Jika tidak, ada potensi kegagalan dan risiko kehilangan pangsa
pasar, turunnya produktivitas dan efisiensi, kehilangan keuntungan, hingga
kebangkrutan. Jadi, sebelum melakukan kebaruan dan inovasi, penting untuk
melakukan analisis pasar dan melihat peluang yang ada.
Manfaatkan Media Sosial untuk Branding
Branding dan reputasi merupakan dua alasan seorang pelanggan
untuk tetap setia dalam menggunakan layanan atau membeli barang di sebuah
perusahaan. Di era digital ini, cara paling praktis dan relatif mudah adalah
dengan membentuk citra yang baik dan “segar” melalui media sosial.
Tak dapat
dimungkiri, media sosial menjadi salah satu tempat favorit masyarakat untuk
melakukan aktivitas jual beli. Jadi, upaya untuk membentuk citra atau reputasi
yang baik melalui media sosial juga akan membantu meningkatkan penjualan produk
Anda.
Ciptakan
Kolaborasi Strategis
Harus diakui
bahwa sebuah bisnis pasti memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.
Karenanya berkolaborasi dengan pihak lain dapat mengisi kekurangan dan memberi
nilai tambah bagi bisnis Anda. Kolaborasi juga memiliki potensi untuk menggaet
pelanggan dari mitra kerja dan menambah pendapatan.
Adakan
Diskon dan Penawaran Gratis
Meski terkesan memotong harga dan mengurangi
keuntungan, ternyata diskon dan penawaran gratis memberi keuntungan pada
perusahaan. Semua orang senang kata ‘diskon’ dan ‘gratis’. Merujuk laman Entrepreneur Asia Pacific, setidaknya
ada lima keuntungan jika sebuah bisnis memberikan diskon pada pelanggan. Di
antaranya, menarik pelanggan dan review, mengurangi inventaris atau stok
barang, meningkatkan penjualan, mencapai target penjualan, dan meningkatkan
reputasi bisnis.
Memberikan
pelayanan atau barang yang berkualitas dan diiringi dengan diskon akan
memancing pelanggan untuk membeli. Setelah itu ia akan memberi tahu kerabat
atau temannya tentang diskon yang Anda berikan. Dengan begitu, diskon juga
membawa exposure dan meningkatkan traffic pada web atau media
sosial bisnis Anda.
Buat Brand
Story
Semua pengusaha pasti memiliki cerita mereka masing
masing. Mulai dari bagaimana perjuangan membangun bisnis, mengapa memutuskan
memilih bisnis yang dijalankan, hingga cara membangun dan mempertahankan bisnis
mereka. Cerita ini bisa dibangun dan menjadi narasi untuk brand story.
Membagikan kisah-kisah inspiratif tidak hanya baik
untuk para pembaca atau pendengarnya, tetapi juga dapat menumbuhkan dukungan
dan menciptakan hubungan emosional dengan pelanggan. Brand story bisa membantu
menandai dan membedakan perusahaan Anda dengan pesaing dan membangun
kepercayaan, serta loyalitas pelanggan.
Semoga bermanfaat
Sumber: kumparan.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar